Halaman

Senin, 16 Mei 2011

[Photography] Apa Itu Bokeh?

Bokeh (bukan bokep) merupakan salah satu istilah fotografi yang sering juga di sebut-sebut dalam fotografer.net. Saya sendiri juga tidak begitu mengerti arti kata ini. Dari mana asal kata ini pun saya tidak mengerti. Apakah ada di kamus besar bahasa indonesia atau tidak saya tidak tahu. namun saya mengerti apa maksudnya bokeh itu.
Bokeh dapat diartikan sebagai ruang tajam yang ada dalam foto. Yang saya maksud dengan ruang tajam dapat anda lihat dari foto dibawah ini.

 

Anda melihat perbedaan ketajaman dalam gambar itu kan? Nah ruang tidak tajam di belakang bunga itulah bokeh. Itu saja yang dapat saya jelaskan. Jika saya salah mohon koreksinya.
Edited..
Bahasa resmi  (ilmiah mungkin) bokeh adala DOF (Deep Of Field).
menurut wikipedia :
depth of field (DOF) is the portion of a scene that appears acceptably sharp in the image. Although a lens can precisely focus at only one distance, the decrease in sharpness is gradual on each side of the focused distance, so that within the DOF, the unsharpness is imperceptible under normal viewing conditions.
Artinya :
kedalaman ruang  (DOF) adalah bagian dari sebuah gambar yang muncul secara tajam dalam gambar. Meskipun lensa hanya bisa fokus pada satu jarak tertentu, penurunan ketajaman terjadi secara bertahap di setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, ketidaktajaman tidak terlihat dalam kondisi tampilan normal.
Bagaimana cara menghasilkan Foto dengan DOF? pada kamera poket tertentu dapat menghasilkan gambar dengan DOF (namun sekarang hampir semua kamera poket memiliki fasilitas ini, bahkan kamera HP/smartphone juga bisa) dan semua SLR/DSLR. Pada kamera poket cukup menggunakan mode makro maka otomatis kamera akan mendeteksi fokus pada gambar kita. sedangkan pada kamera DSLR/SLR dengan cara merubah Diafragma lensa ke ukuran paling besar (angka paling kecil, lubang diafragma memiliki ukuran yang berbanding terbalik, semakin kecil angkanya, semakin lebar diafragmanya).



ini contoh bokeh yang aku buat... :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar